Senin, 02 April 2012
di
20.57
|
LAPORAN
PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI
TAHUN PELAJARAN 2011-2012
Disusun Oleh :
Nama : Dion Perdana Ismail
Program Keahlian : Teknik Komputer dan Jaringan
Kompetensi Keahlian : Teknik Komputer dan Informatika
Sekolah Menengah Kejuruan
SMK Negeri 1 Limboto
Jln. Merpati, Kel. Dutulanaa, Kec. Limboto, Kab. Gorontalo, Prov. Gorontalo
Telp. (0435) 881174 – 881175
Email : info@smkn1limboto.sch.id
Web : smkn1limboto.sch.id
2012
i
DAFTAR ISI
DAFTAR ISI……………………………………………………………………… i
KATA PENGANTAR…………………………………………………………….. ii
LEMBAR PENGESAHAN……………………………………………………….. iii
BAB I PENDAHULUAN………………………………………………..
A. LATAR BELAKANG………………………………………..
B. TUJUAN PELAKSANAAN PRAKERIN…………………...
C. MANFAAT PRAKERIN…………………………………….
BAB II PEMBAHASAN………………………………………………….
A. SEJARAH LEMBAGA / INSTANSI………………………..
B. PROSES KERJA……………………………………………..
BAB III PENUTUP………………………………………………………..
A. KESIMPULAN………………………………………………
B. SARAN………………………………………………………
ii
KATA PENGANTAR
Syukur Alhamdulillah Saya panjatkan kehadiarat Allah S.W.T yang telah melimpahkan Rahmat dan Hidayah-Nya, Sehingga akhirnya saya dapat menyelesaikan penyusunan Laporan ini sesuai dengan tenggat waktu yang telah diberikan oleh pihak sekolah. Dari hasil yang telah dilakukan dan dicapai selama saya mengikuti proses Praktek Kerja Industri di POLITEKNIK GORONTALO selama 3 bulan dari tanggal 30 Januari 2012 s/d 30 April 2012, saya banyak mendapat pengetahuan lain yang belum saya dapatkan dari sekolah, terutama saya juga banyak mendapat pengalaman berharga yang tak ternilai. Dan dengan bersumber dari hal-hal tersebut, akhirnya menjadi dasar dan bahan bagi penyusunan Laporan ini.
Sebelum melanjutkan penyusunan, terlebih dahulu saya mengucapkan terima kasih kepada :
1. Bapak. Drs. Hardi Pomalingo, M.Pd, selaku Kepala Smk Negeri 1 Limboto
2. Bapak. Irwan Karim, S.Si, selaku Kepala Program Teknik Informatika di POLITEKNIK GORONTALO
3. Ibu Dra. Helmi, selaku Kepala Program teknik Komputer dan Informatika di Smk Negeri 1 Limboto
4. Bapak. Zulkarnain Zakaria, Selaku Guru Pembimbing di Smk Negeri 1 Limboto
5. Kak Rizky Ibrahim, selaku pembimbing saya di POLITEKNIK GORONTALO
6. Bapak dan ibu guru pengajar di Smk Negeri 1 Limboto
7. Kedua Orang Tua saya yang telah memberi dorongan dan semangat kepada saya
8. Seluruh teman-teman saya di Smk Negeri 1 Limboto
9. Semua pihak yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu yang senantiasa selalu membantu baik moral maupun materi, sehingga saya dapat melanjutkan penyusunan Laporan ini hingga selesai pada akhirnya.
Saya mengakui bahwa Laporan ini masih jauh dari sempurna, dengan dasar itu saya mohon kritik dan saran yang sifatnya membangun.
Semoga Laporan ini berguna, khususnya untuk saya dan masyarakat pada umumnya.
Limboto, 2012
Penyusun,
……………………….
iii
LEMBAR PENGESAHAN
Laporan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN)
Di POLITEKNIK GORONTALO
Tanggal 30 Januari 2012 s/d 30 April 2012
Limboto, 2012
KA. Program Teknik Komputer dan Jaringan, Guru Pembimbing
................................................................. ……………………………
Dra. Helmi Zulkarnain Zakaria
Menyetujui :
Kepala Smk Negeri 1 Limboto Pembimbing Lembaga / Institusi
………………………………… ………………………………………..
Drs. Hardi Pomalingo, M.pd
BAB I
PENDAHULUAN
SMK NEGERI 1 LIMBOTO adalah suatu Lembaga Pendidikan Kejuruan yang mempunyai tugas untuk dapat menghasilkan siswa-siswi yang terampil dalam bidang pengusaan Bismen,Teknologi dan Pariwisata dalam dunia kerja, tangguh, berdedikasi tinggi serta mampu berinteraksi dalam dunia kerja.
Di dalam mencapai tujuan yang mulia tersebut, maka setiap siswa/siswi harus menguasai berbagai kemampuan dan keterampilan dasar, serta harus memiliki wawasan ilmu pengetahuan yang luas dalam Ilmu Bismen,Teknologi dan Pariwisata.
Agar dapat mencapai tujuan tersebut, maka salah satu cara adalah dengan menerjunkan siswa/siswi langsung pada dunia kerja yang sebenarnya. Praktek Kerja Industri ini dilaksanakan untuk menambah keterampilan dan pengetahuan siswa/siswi dalam setiap praktek dan menerapkan teori-teori yang telah saya dapat pada objek secara langsung.
Pengaturan pelaksanaan Praktek Kerja Industri dilakukan oleh sekolah dengan mempertimbangkan kesediaan lembaga atau dunia kerja untuk dapat menerima siswa/siswi yang akan melaksanakan Praktek Kerja Industri. Struktur program kurikulum, kalender pendidikan pada tahun ajaran tersebut akan disesuaikan dengan situasi dan kondisi keadaan setempat.
Dengan diadakannya Praktek Kerja Industri saat ini sangatlah baik dan berguna bagi setiap siswa/siswi SMK NEGERI 1 LIMBOTO mendapatkan suatu gambaran yang nyata di dalam menjajaki dunia kerja dan menerapkan apa-apa yang telah didapatkan dari akademi pada pekerjaan yang akan digeluti, sehingga bila mereka terjun ke dunia kerja tidak mendapatkan kesulitan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja dapat menerapkan keahlian profesi yang dimiliki.
A. LATAR BELAKANG
Pelaksanaan Praktek Kerja Industri dilatar belakangi oleh beberapa ketentuan-ketentuan, yaitu:
1. Menerapkan teori pendidikan yang telah didapat.
2. Menghubungkan teori yang telah diperoleh dengan hasil Praktek Kerja Industri.
3. Mempelajari situasi kerja sesuai dengan ilmu yang didapat.
4. Membuat analisa dan pengamatan terhadap hubungan antara teori dan kenyataan.
1. Menerapkan teori pendidikan yang telah didapat.
2. Menghubungkan teori yang telah diperoleh dengan hasil Praktek Kerja Industri.
3. Mempelajari situasi kerja sesuai dengan ilmu yang didapat.
4. Membuat analisa dan pengamatan terhadap hubungan antara teori dan kenyataan.
B. TUJUAN PELAKSANAAN PRAKERIN
Kegiatan Praktek Kerja Industri yang telah dilaksanakan untuk setiap siswa/siswi merupakan program keahlian yang tentunya mempunyai tujuan yang telah direncanakan dan diharapkan dapat dicapai oleh siswa.
Adapun tujuan penyelenggaraan Praktek Kerja Industri ini adalah untuk:
Adapun tujuan penyelenggaraan Praktek Kerja Industri ini adalah untuk:
1. Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian profesional dengan tingkat
pengetahuan, dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan Industri kerja.
2. Memperkokoh Link and Match antara dunia pendidikan dengan dunia kerja.
3. Meningkatakan efisiensi proses pendidikan dan pelatihan-pelatihan tenaga kerja yang
2. Memperkokoh Link and Match antara dunia pendidikan dengan dunia kerja.
3. Meningkatakan efisiensi proses pendidikan dan pelatihan-pelatihan tenaga kerja yang
berkualitas profesional.
4. Memberikan pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian
4. Memberikan pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian
proses
pendidikan.
5. Membekali siswa dengan pengalaman-pengalaman yang sebenarnya di dalam dunia
5. Membekali siswa dengan pengalaman-pengalaman yang sebenarnya di dalam dunia
kerja,
sebagai persiapan guna menyesuaikan diri dengan dunia kerja dan masyarakat.
6. Siswa dapat meningkatkan rasa percaya dirinya, dalam memecahkan berbagai masalah
6. Siswa dapat meningkatkan rasa percaya dirinya, dalam memecahkan berbagai masalah
atau
kesulitan yang ditemuinya.
7. Untuk merealisasikan pengetahuan yang didapat dari sekolah dengan pekerjaan yang
7. Untuk merealisasikan pengetahuan yang didapat dari sekolah dengan pekerjaan yang
sebenarnya di perusahaan.
8. Memperluas pandangan dan wawasan siswa terhadap jenis-jenis pekerjaan yang ada di
8. Memperluas pandangan dan wawasan siswa terhadap jenis-jenis pekerjaan yang ada di
bidang bersangkutan dan di tempat praktek dengan segala persyaratan.
C. MANFAAT PRAKERIN
Setiap kegiatan yang dilakukan pasti memiliki manfaat, demikian pula dengan kegiatan praktek kerja Industri yang telah selesai dilaksanakan. Adapun manfaat dari kegiatan praktek kerja Industri yang telah saya laksanakan adalah sebagai berikut :
1. Keahlian professional yang diperoleh dari praktek kerja Industri, dapat meningkatkan rasa percaya diri, yang selanjutnya akan mendorong untuk meningkatkan keahlian professional pada tingkat yang lebih tinggi.
2. Waktu tempuh untuk mencapai keahlian professional menjadi lebih singkat. Setelah lulus sekolah dengan praktek kerja Industri, tidak memerlukan lagi waktu latihan lanjutan untuk mencapai tingkat keahlian siap pakai.
3. Melatih disiplin, tanggung jawab, inisiatif, kreatifitas, motivasi kerja, kerjasama, tingkah laku, emosi dan etika.
1. Keahlian professional yang diperoleh dari praktek kerja Industri, dapat meningkatkan rasa percaya diri, yang selanjutnya akan mendorong untuk meningkatkan keahlian professional pada tingkat yang lebih tinggi.
2. Waktu tempuh untuk mencapai keahlian professional menjadi lebih singkat. Setelah lulus sekolah dengan praktek kerja Industri, tidak memerlukan lagi waktu latihan lanjutan untuk mencapai tingkat keahlian siap pakai.
3. Melatih disiplin, tanggung jawab, inisiatif, kreatifitas, motivasi kerja, kerjasama, tingkah laku, emosi dan etika.
BAB II
PEMBAHASAN
A. SEJARAH LEMBAGA / INSTANSI
Sejarah Singkat POLITEKNIK GORONTALO
POLITEKNIK GORONTALO berdiri atas prakarsa Pemerintah Provinsi Gorontalo dan dukungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendiodikan Nasional RI yang tindaklanjutnya dilakukan oleh Yayasan Pengembangan Sumberdaya Manusia Gorontalo. Berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2008 tentang POLITEKNIK GORONTALO, maka POLITEKNIK GORONTALO diambilalih oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo, sehingga berstatus sebagai UPT dari Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Provinsi Gorontalo.
POLITEKNIK GORONTALO berdiri dan diselenggarakan berdasarkan:- Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 79/D/O/2008 tentang Pemberian Ijin Penyelenggaraan Program-Program Studi dan Pendirian POLITEKNIK GORONTALO tertanggal 22 Mei 2008;
- Peraturan Daerah Provinsi Gorontalo Nomor 6 Tahun 2005 tentang Pendidikan Berbasis Kawasan
- Peraturan Daerah Provinsi Gorontalo Nomor 9 Tahun 2008 tentang POLITEKNIK GORONTALO
pengembangan revenue generating system. POLITEKNIK GORONTALO atau POLIGON sebagai politeknik penyelenggara pendidikan tinggi vokasional yang berdiri atas prakarsa Pemerintah Provinsi Gorontalo dan dukungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendiodikan Nasional RI yang tindaklanjutnya dilakukan oleh Yayasan Pengembangan Sumberdaya Manusia Gorontalo. Berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2008 tentang POLITEKNIK GORONTALO, maka POLITEKNIK GORONTALO diambil alih oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo, sehingga berstatus sebagai UPT dari Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Provinsi Gorontalo. POLITEKNIK GORONTALO berdiri dan diselenggarakan berdasarkan :
- Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 79/D/O/2008 tentang Pemberian Ijin Penyelenggaraan Program-Program Studi dan Pendirian POLITEKNIK GORONTALO tertanggal 22 Mei 2008.
- Peraturan Daerah Provinsi Gorontalo Nomor 6 Tahun 2005 tentang Pendidikan Berbasis Kawasan.
- Peraturan Daerah Provinsi Gorontalo Nomor 9 Tahun 2008 tentang POLITEKNIK GORONTALO.
Visi POLITEKNIK GORONTALO adalah : Menjadi perguruan tinggi berbasis teknopreneur yang unggul dalam pendidikan dan penerapan IPTEK. Untuk mencapai visi, sebagai sebuah lembaga yang berkeinginan untuk memajukan dan mengembangkan sumberdaya manusia yang bermoral Pancasila yang dilandasi iman dan takwa, maka misi POLITEKNIK GORONTALO dirumuskan sebagai berikut :
- Menyelenggarakan pendidikan tinggi vokasional-entrepreneurial dalam bidang IPTEK yang handal, bermutu, responsif, dan relevan dengan kebutuhan kawasan; untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan profesional pada bidang IPTEK, unggul, mandiri, berbudaya entrepreneur, serta mampu bersaing dalam kehidupan dan peradaban global.
- Mengembangkan IPTEK dan entrepreneurship yang terterapkan dan relevan dengan kebutuhan kawasan melalui kegiatan penelitian berkualitas yang menghasilkan IPTEK baru untuk kepentingan pengembangan pendidikan dan pengajaran, ilmu pengetahuan, teknologi, dan budaya, serta peningkatan harkat hidup manusia dan pembangunan daerah dan nasional.
- Menyebarluaskan IPTEK dan entrepreneurship serta memberdayakan masyarakat dan membangun keunggulan kawasan melalui penerapan dan pendayagunaan IPTEK dengan menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang mengandung upaya penyebarluasan dan penerapan hasil-hasil penelitian dan teknologi dalam rangka mewujudkan suatu masyarakat ilmiah, masyarakat belajar, dan masyarakat wirausaha yang mandiri dan demokratis untuk menunjang pembangunan daerah dan nasional.
- Mengembangkan kerjasama kemitraan yang simetrikal dan saling menguntungkan dengan lembaga pendidikan, dunia usaha dan industri, serta lembaga sosial lain di dalam dan luar negeri.
- Membangun lembaga yang sehat, akuntabel, kredibel, dan bercitra kuat yang diikuti pengelolaan sumberdaya manusia, sumberdaya akademik dan non-kademik yang berkualitas, efisien dan memiliki keunggulan kompetitif.
- Melakukan pembinaan mahasiswa yang ditujukan pada pembentukan masyarakat kampus yang religius, berbudaya entrepreneur, kondusif, partisipatif, kreatif- novatif, konstruktif, bertanggung jawab, dan cinta kepada bangsa, negara dan tanah air.
Jurusan dan Program Studi pada POLITEKNIK GORONTALO, yakni : Teknik Informatika, Teknologi Hasil Pertanian, Mesin dan Peralatan Pertanian, dengan sarana prasarana pendukung berupa Laboratorium Dasar, Laboratorium Teknik Informatika, Laboratorium Teknologi Hasil Pertanian, Laboratorium Mesin & Peralatan Pertanian, Laboratorium Welding dan Perpustakaan kampus.
Teknik Informatika POLITEKNIK GORONTALO memiliki solusi bagi anda yang menginginkan jasa di bidang: Maintenance & Repairing, Web Programming, Dekstop Aplications (Java, Visual Basic, dll), Mobile Aplication (Java), Natworking (Maintenance & Course), dll. Teknologi Hasil Pertanian memiliki solusi bagi anda yang menginginkan jasa di bidang : Unit Produksi THP antara lain: Bioteknologi, Pengolahan makanan ringan, Pengolahan Pakan Ternak, Sanitasi, dll. Sedangkan Keteknikan Pertanian, memiliki solusi bagi anda yang menginginkan jasa di bidang : Unit Produksi KP antara lain: Maintenance & Repairing, Pembuatan mesin produksi, Welding Center, dll.
Alamat Kampus POLITEKNIK GORONTALO (POLIGON) : Jl. Saptamarga, Desa Panggulo, Kecamatan Botupingge, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo 96183, Telp : 0435-8702646, Website : www.poligon.ac.id
B. PROSES KERJA
Proses kerja adalah dimana para peserte Prakerin melakukan pekerjaan pada kerja yang ditentukan dan diatur oleh Instansi terkait.
Waktu dan tempat pelaksanaan :
No | Hari / Tanggal | Keterampilan yang dilaksanakan di DU/DI | Standar Kompetensi | Tempat | Ket |
1. | Kamis 02-02-2012 | Melakukan instalasi SO dan Aplikasi | Melakukan instalasi software | Lab Software | |
2. | Jumat 03-02-2012 | Merakit PC | Melakukan perbaikan dan / atau setting ulang sistem PC | Lab Software | |
3. | Selasa 07-02-2012 | Membuat Jaringan Lokal | Melakukan Instalasi Perangkat Jaringan Lokal (Local Area Network) | Lab Jaringan | |
4. | Senin 27-02-2012 | Menginstalasi Ubuntu Server | Melakukan Instalasi SO berbasis Graphical User Interfaces (GUI) dan Command Line Interfaces (CLI) | Lab Jaringan | |
Dan seterusnya, sampai waktu berakhir di Industri , semua job/ Pekerjaan di rekap.
Untuk Selengkapnya dapat dilihat di Jurnal Kegiatan Siswa.
BAB III
PENUTUP
Dengan mengucapkan syukur Alhamdulillah, saya panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, yang mana atas Rahmat dan Hidayah-Nya akhirnya saya dapat menyelesaikan Laporan Praktek Kerja Industri di POLITEKNIK GORONTALO dan tidak lupa saya ucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung saya baik moriil maupun materiil dan saya juga berterima kasih atas bimbingannya selama melaksanakan Prakerin dan juga diberikannya kesempatan untuk Prakerin dan mengenali dunia institusi di POLITEKNIK GORONTALO.
Keberhasilan pelaksanaan Praktek Kerja Industri ini sangat dibutuhkan oleh para siswa/siswi agar dapat bisa mengikuti salah satu syarat untuk menempuh UAS/UAN. Dengan dibuatnya Laporan Prakerin ini diharapkan dapat dijadikan acuan bagi lancarnya pelaksanaan Praktek Kerja Industri, terutama pada tahap awal kerja berkaitan dengan paket keahlian yang ada di Dunia usaha/Dunia industri.
Dengan dibuatnya Laporan ini minimal diharapkan juga ada kesamaan Visi antara pihak sekolah dengan dunia usaha sebagai industri pasangan.
Harapan saya sebagai saya semua penjelasan didalam Laporan ini telah tersusun rapi sesuai dengan tujuan siswa/siswi tingkat 2. Saya telah berusaha menyusun dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami, dan dimengerti bagi yang membacanya.
Dengan dibuatnya Laporan ini minimal diharapkan juga ada kesamaan Visi antara pihak sekolah dengan dunia usaha sebagai industri pasangan.
Harapan saya sebagai saya semua penjelasan didalam Laporan ini telah tersusun rapi sesuai dengan tujuan siswa/siswi tingkat 2. Saya telah berusaha menyusun dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami, dan dimengerti bagi yang membacanya.
Saya juga tak lupa mengucapkan terimakasih kepada pembimbing yang telah membimbing sampai saya menyelesaikan Laporan ini dan juga beserta mahasiswa-mahasiswa yang telah membantu saya selama Prakerin.
Saya mohon maaf atas segala kesalahan yang telah diperbuat, baik yang disengaja maupun tidak disengaja. Saya juga menyadari bahwa saya disini juga masih tahap belajar, jadi harap dimaklumi, dan saya juga masih banyak mambutuhkan bimbingan kepada semua pihak.
A. KESIMPULAN
Secara umum, POLITEKNIK GORONTALO sendiri merupakan Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan berbasis Vokasional, dimana mahasiswa dituntut agar mampu dan dapat dipasarkan untuk masyarakat luas.
Politeknik sampai saat ini membuka 3 Program Studi yaitu :1. Teknik Informatika (TI) dengan jenjang D3
2. Teknologi Hasil Pertanian (THP) dengan jenjang D3
3. Mesin Peralatan Pertanian (MPP) dengan jenjang D3
B. SARAN
Untuk sekolah, hendaknya lebih meningkatkan sosialisasi kedinia usaha, Lembaga / industri, untuk lebih mengetahui kemajuan teknologi dewasa ini.
Diposting oleh
dion_perdana_ismail
0 komentar:
Posting Komentar